Contoh Cerita Fabel Pendek Singkat Menarik

Pernah mendengar fabel? Mungkin fabel tak asing lagi di telinga kita. Pengertian Fabel sendiri adalah sebuah cerita yang menggambarkan tentang bagaimana kehidupan hewan yang berimajinasi sebagai manusia. Dikategorikan menjadi cerita fiksi,fabel menjadi pilihan anak-anak untuk dibaca ataupun didongengkan.

Biasanya cerita fabel didongengkan agar mendapat pesan moral dan amanat yang tersirat,bagi anda yang suka mendongeng atau bercerita anda perlu menyimak artikel berikut yang akan kami sampaikan untuk anda semua.

Contoh Cerita Fabel Pendek Singkat


Contoh Cerita Fabel


Semut Yang Kesepian
Semut kecil yang merasa kesepian, sendirian menerjang badai dan hujan, pahit kehidupan telah ia rasakan, kesabaran menjadi kunci bagi dirinya untuk tetap bertahan melawan kerasnya hidup. Tak mampu menentang kehendak Tuhan, dirinya hanya menerima dengan hati yang ikhlas, tertatih ia melangkah lalui hari demi hari, manatap langit dan bertanya “Kapan semua ini akan berakhir..?” Semut kecil berjalan pincang, terus melangkah maju ke depan, meski banyak bebatuan tajam yang harus ia lalui, ia tak menyerah pada keadaan, pahitnya kehidupan selali dihadapi dengan senyuman

Senyum berlapis tangis dan tawa menyembunyikan derita yang dialaminya, jauh di lubuk hatinya menyimpan tanya “Mengapa aku yang harus merasakan kesepian ini?” tetes air mata pun semakin deras menyelimuti kesendiriannya. Semut kecil tak sama dengan yang lainya. Ia semut yang berbeda berbeda. Musibah yang menimpanya membuat ia tak berdaya. Hanya ketegaran hati yang mampu membuatnya tetap bertahan. Semut yang kesepian ini berdoa “Tuhan ini memang salahku. Aku yang tak mampu menjaga tubuh ini, aku yang tak mampu memperbaiki kesalahan ini, aku memohon ampun padamu, andai aku boleh meminta berikanlah aku kesabaran berikan aku jalan, berikan aku teman, akan ku jaga semampuku apa yang telah engkau titipkan”

Kemudian semut kecil pun menghapus air yang bergelinang di matanya, dan ia tersenyum. Lalu berkata di dalam hatinya, “Aku pasti mampu dan aku tak akan pernah menyerah.”

Pesan Moral : Dari contoh fabel diatas dapat diambil sebuah pesan atau amanat yang cukup bijak, yakni kesabaran dan doa adalah kunci untuk mendapatkan kebahagiaan.

Anak Kambing Yang Cerdik
Ibu kambing tinggal bersama anaknya di dalam hutan. Suatu hari, ibu kambing ingin pergi ke suatu tempat. Ia berpesan, agar anaknya membuka pintu rumah, kecuali untuk ibunya. Agar anaknya tidak salah mengenali, ibu kandungnya mengajarkan sebuah lagu. Jika lagu itu dinyanyikan di depan pintu, maka ibu kambinglah yang datang. Namun, tanpa mereka ketahui, ternyata serigala ikut mendengarkan lagu tersebut.

Ibu kambing akhirnya pergi. Serigala segera datang ke depan pintu. Ia menyanyikan lagu yang didengarnya tadi. Mendengar lagu itu, anak kambing menjadi ragu. Bukankah ibunya baru saja pergi? Kok ibunya sudah kembali? Suara yang didengarnya juga tidak seperti suara ibunya. Haruskah ia membuka pintu?

Namun anak kambing tidak segera membuka pintu. Ia mengintip lewat celah di bawah pintu, dan melihat sepasang kaki milik serigala.Anak kambing segera berteriak. Serigala takut teriakan anak kambing akan membuat binatang lain berdatangan. Dengan ketakutan, serigala pun segera pergi dari sana. Untunglah anak kambing tidak membuka pintu dan dengan cerdik memeriksa dulu siapa yang datang.

Pesan Moral : Belajar dari kambing cerdik,kita perlu cerdik pula dalam melangkah. Sebagai manusia sudah seharusnya kita teliti agar tidak ceroboh.

Itulah dua Contoh Cerita Fabel Pendek Singkat Menarik yang bisa anda jadikan referensi, untuk mendongengkan cerita fabel tersebut kita perlu memahami juga pesan moral. Agar bermakna dan bisa diceritakan. Semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Cerita Fabel Pendek Singkat Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel