Terungkap, Ternyata Pelit Bisa Datangkan Musibah

Pelit atau kikir merupakan sifat yang sangat tidak baik dan tidak disukai banyak orang. Salah satu sifat yang tidak disukai oleh manusia ini,ternyata sangat tidak disukai oleh Allah SWT juga. Nabi Muhammad SAW bersabda, watak pelit tidak boleh ada dalam diri seorang mukmin. Pasalnya bisa mendatangkan musibah. Bahkan, ada beberapa orang dari umat terdahulu yang binasa akibat kekikirannya. Salah satu kisah orang kikir yang terkenal yaitu Qorun yang mati tertimbun hartanya.


Nabi Muhammad SAW bersabda, watak pelit tidak boleh ada dalam diri seorang mukmin. Pasalnya bisa mendatangkan musibah. Bahkan, ada beberapa orang dari umat terdahulu yang binasa akibat kekikirannya. Berikut selengkapnya.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Ada watak yang keduanya tidak boleh ada dalam diri seorang mukmin, yaitu akhlak buruk dan kikir.” (HR. Tirmidzi)

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada dua macam akhlak yang disukai oleh Allah SWT, dan dua macam akhlak yang dibenci oleh-Nya. Dua akhlak yang disukai Allah SWT adalah dermawan dan berani. Dua akhlak yang tidak disukai oleh-Nya adalah akhlak yang buruk dan kikir. Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka Dia menjadikannya sebaik amal yang selalu memenuhi keperluan-keperluan orang banyak.” (HR. Baihaqi).

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Takutlah kalian terhadap perbuatan aniaya, karena sesungguhnya aniaya itu adalah kegelapan pada hari kiamat. Dan takutlah kalian terhadap sikap kikir, karena sesungguhnya kikir itu membinasakan orang-orang sebelum kalian. Juga mendorong mereka mengalirkan darah mereka sendiri, dan menghalalkan kehormatan mereka,” (HR. Muslim)

Sudah seharusnya sebagai muslim dan muslimah yang baik kita  harus saling berbagi. Karena tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Dari kisah Qorun kita bisa belajar untuk rajin bersedekah dan saling membantu sesama manusia. Semoga dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terungkap, Ternyata Pelit Bisa Datangkan Musibah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel