3 Pengobatan Keasaman Selama Kehamilan

Keasaman adalah masalah umum yang dihadapi oleh sebagian besar wanita selama kehamilan mereka, terutama pada trimester kedua atau ketiga.Keasaman terjadi ketika sfingter esofagus bawah, otot yang bertanggung jawab untuk menjaga isi lambung di tempat mereka, mulai rileks atau bocor, memungkinkan asam lambung mengalir ke atas ke esofagus.Selama kehamilan, keasaman terjadi terutama karena dua alasan.

Pertama, hormon relaxin memperlambat proses pencernaan, artinya makanan tetap berada di perut Anda lebih lama dan memicu lebih banyak produksi asam.

Kedua, bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim memberi tekanan pada lambung dan sfingter esofagus bawah, meningkatkan kemungkinan bahwa asam akan terdorong naik ke kerongkongan.

Masalahnya sangat umum jika Anda hamil dengan lebih dari satu bayi, bayi Anda sangat besar (makrosomia) atau bayi Anda dalam posisi sungsang (bawah-pertama) di akhir kehamilan, karena kepalanya dapat menekan bawah diafragma Anda.

Pengobatan Keasaman Selama Kehamilan


Keasaman Selama Kehamilan

Bentuk keasaman yang parah atau kronis dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD). Menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan di Gastroenterologi & Hepatologi, GERD sangat umum selama kehamilan dan sekitar 30 hingga 50 persen wanita hamil mengeluh mulas.

Keasaman selama kehamilan tidak berbahaya dan tidak akan mempengaruhi pengiriman anak Anda atau kesehatan mereka setelah lahir. Namun, itu dapat menambah ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan saat Anda hamil.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan di Canadian Family Physicians melaporkan bahwa mulas dan refluks asam selama kehamilan harus diobati, karena penelitian terbaru melaporkan bahwa gejala GERD telah dikaitkan dengan peningkatan keparahan mual dan muntah terkait kehamilan.

Meskipun obat-obatan tidak direkomendasikan untuk keasaman terkait kehamilan, ada banyak solusi sederhana dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dan mempertahankan kehamilan yang sehat.

pengobatan rumah untuk keasaman selama kehamilan

Pengobatan Keasaman Selama Kehamilan


1. Jahe
Jahe adalah bantuan alami untuk mendapatkan bantuan dari keasaman selama kehamilan.

Komponen aktif seperti minyak atsiri dan senyawa fenol dalam jahe membantu menetralisir asam lambung, yang pada gilirannya mengurangi rasa panas atau keasaman.

jahe untuk keasaman selama kehamilan

Ini juga membantu memerangi mual dan muntah, yang sering bergandengan dengan mulas atau keasaman. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal Nutrition melaporkan bahwa jahe dapat dianggap sebagai pilihan alternatif yang tidak berbahaya dan mungkin efektif untuk wanita yang menderita mual dan muntah selama kehamilan.

Minum teh jahe hangat setelah makan. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok teh parutan jahe ke secangkir air panas. Diamkan selama 10 menit, saring dan nikmati selagi masih hangat. Minum tidak lebih dari 2 cangkir teh jahe sehari.
Anda juga dapat menikmati beberapa permen jahe.
Perhatian: Karena jahe dapat menyebabkan kontraksi, disarankan untuk menggunakannya dalam jumlah sedang.

2. Cuka sari apel
Meskipun banyak yang tidak menyukai rasa cuka sari apel, itu dapat membantu mengurangi keasaman. Kandungan asam di dalamnya memberitahu perut untuk berhenti memproduksi lebih banyak asam, dan menghentikan rasa panas atau keasaman di jalurnya.

cuka sari apel untuk mengobati keasaman selama kehamilan

Tonik yang sehat ini juga penuh nutrisi yang akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan bayi yang tumbuh di dalam rahim Anda.

Cukup tambahkan 1 hingga 2 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke segelas air hangat.
Jika Anda ingin, tambahkan sedikit madu untuk membuat minuman lebih enak.
Minumlah 30 menit sebelum makan, secara teratur.

3. Air Biasa
Tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air yang cukup membantu mengontrol proses pencernaan dan mempermudah keasaman dengan membuatnya lebih sulit untuk asam mengalir kembali ke pipa makanan.

Anda harus minum banyak air, tetapi tidak sekaligus. Menenggak banyak air dalam sekali duduk sebenarnya meningkatkan risiko sakit maag, terutama ketika ukuran bayi Anda yang semakin besar mendorong perut Anda ke atas. Sebaliknya, cobalah untuk menyesap air sepanjang hari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Pengobatan Keasaman Selama Kehamilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel