Cara Membuat Proposal Sponshorship Lengkap

Unique Blog | Cara Membuat Proposal Sponshorship Lengkap -  Proposal adalah sebuah perencanaan yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja serta perencanaan yang bersifat sistematis, matang dan teliti. Dapat dikatakan bahwa suatu proposal merupakan sebuah cerminan dari suatu kegiatan yang nantinya akan diselenggarakan. Secara umum sistematika dalam pembuatan sebuah proposal, terdiri dari beberapa bagian. Berikut ini adalah contoh membuat proposal sesuai standar.

Cara Membuat Proposal Sponshorship



Contoh Membuat Proposal Yang Menarik Bagi Para Sponsorship


Sistematika dalam pembuatan proposal adalah sebagai berikut:

1. Pendahuluan

Pada bab pendahuluan terdiri dari beberapa poin, antara lain:

  • Hal-hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan kegiatan tersebut.
  • Korelasi antara kegiatan tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
  • Sedikit pembahasan mengenai poin-poin utama pada kegiatan tersebut.

2. Dasar pemikiran
Bab ini berisi tentang dasar-dasar yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Apabila kegiatan tersebut non organisasi dan bersifat umum biasanya akan mencantumkan dasar pemikiran yang berdasarkan peraturan pemerintah.

3. Tujuan
Didalam bab tujuan, Anda wajib memberikan penjelasan secara terperinci ouput dari kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk para peserta. Hal ini menjadi penting, karena dapat digunakan untuk bahan kajian terhadap pihak yang nantinya akan menjadi target pengajuan proposal tersebut.

4. Tema
Tema dapat dikatakan sebagai identity dari kegiatan tersebut. untuk itu sebaiknya tema dipikirkan secara matang dan memiliki filosofi yang menarik.

5. Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan diperuntukan untuk menjelaskan serangkaian acara yang nantinya akan diselenggarakan.

6. Target
Contoh membuat proposal pada bab target, sebenarnya adalah rincian yang lebih mendetail dari tujuan terutama mengenai pembahasan tentang tolak ukur yang digunakan dalam menilai pencapaian hasil dari tujuan tersebut.

7. Sasaran atau peserta
Bab ini menjelaskan tentang objek yang nantinya Anda targetkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

8. Waktu dan tempat pelaksanaan

9. Anggaran dana
Pada bab ini, sebaiknya hanya mencantumkan anggaran kegiatan antara jumlah total pemasukan dan pengeluaran. Sedangkan untuk informasi anggaran yang lebih detail, sebaiknya Anda membuat lampiran terpisah.

10. Susunan kepanitiaan
Sebaiknya dalam menjelaskan susunan kepanitiaan pada proposal tersebut, cukup mencantumkan posisi-posisi yang terpenting saja. Dalam artian, Anda tidak perlu membuat struktur panitia secara terperinci.

11. Jadwal kegiatan
Jadwal kegiatan berisi tentang rincian kegiatan yang akan diikuti oleh peserta, mulai dari opening acara hingga closing acara.

12. Penutup
Contoh membuat proposal pada bagian penutup berisi tentang keinginan dan juga harapan terhadap kegiatan tersebut kedepannya. Selain itu, lampirkan pula lembar pengesahan proposal pada bagian ini. hal tersebut tentunya untuk menjelaskan bahwa proposal yang Anda ajukan sudah memiliki persetujuan dari seluruh kepanitiaan.

Setelah membahas contoh membuat proposal, dalam menyusun proposal terdapat beberapa syarat yang butuh Anda perhatikan, agar proposal tersebut memenuhi kualifikasi. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain:

  • Terstruktur dan logis sehingga mudah untuk dipahami.
  • Hasil atau pencapaian dari kegiatan tersebut harus disampaikan secara jelas. 
  • Rencana atau program kegiatan yang sudah terstruktur, wajib dijelaskan secara detail serta mampu dilaksanakan sesuai struktur yang disampaikan dalam proposal. 
  • Dalam pembuatan anggaran dana, sebaiknya dibuat serealistis mungkin sesuai dengan kebutuhan dari kegiatan tersebut. 


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa proposal merupakan cerminan dari kegiatan tersebut. Proposal selain berupa deskriptif dan naratif, sebaiknya juga memiliki sisi persuasif untuk lebih menarik minat pihak yang nantinya akan Anda ajak untuk bekerjasama. Nah, semoga ulasan diatas mengenai contoh membuat proposal dan juga syarat dalam suatu proposal dapat menjadi referensi yang tepat bagi Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Proposal Sponshorship Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel