Istilah-Istilah Dalam Internet Dan Penjelasannya

Unique Blog | Istilah-Istilah Dalam Internet Dan Penjelasannya - Internet adalah interkoneksi jaringan komputer yang luas yang terdiri dari jutaan perangkat komputasi. Komputer desktop, mainframe, smartphone, tablet, unit GPS, konsol permainan video dan perangkat cerdas semuanya terhubung ke internet. Tidak ada satu organisasi pun yang memiliki atau mengendalikan internet.

World Wide Web, atau web singkatnya, adalah ruang di mana konten digital disajikan kepada pengguna internet. Web berisi konten terpopuler di internet dan kemungkinan sebagian besar konten yang mulai dilihat oleh pengguna internet.

Istilah-Istilah Dalam Internet Dan Penjelasannya


Bagi seorang pemula yang berusaha memahami internet dan World Wide Web, pemahaman tentang istilah dasar pasti akan sangat membantu. Berikut ini berbagai macam istilah-istilah dalam dunia internet.

Istilah Istilah Dalam Internet


Browser
Pengguna internet pemula dan pro, semuanya mengakses web melalui perangkat lunak peramban web, yang disertakan pada komputer dan perangkat seluler pada saat pembelian. Browser lain bisa didownload dari internet.

Browser adalah paket perangkat lunak gratis atau aplikasi seluler yang memungkinkan Anda melihat halaman web, grafis dan konten paling online. Browser web yang paling populer meliputi Chrome, Firefox, Internet Explorer dan Safari, namun ada banyak lainnya.

Perangkat lunak peramban dirancang khusus untuk mengonversi kode komputer HTML dan XML menjadi dokumen yang dapat dibaca manusia. Browser menampilkan halaman web. Setiap halaman web memiliki alamat unik yang disebut URL.

Halaman web
Sebuah halaman web adalah apa yang kita lihat di browser saat berada di internet. Pikirkan halaman web sebagai halaman di majalah. Anda mungkin melihat teks, foto, gambar, diagram, tautan, iklan dan banyak lagi pada halaman manapun yang Anda lihat.

Seringkali, Anda mengklik atau mengetuk area tertentu dari laman web untuk memperluas informasi atau beralih ke laman web terkait. Mengklik link-cuplikan teks yang muncul dalam warna berbeda dari teks lainnya-membawa Anda ke halaman web yang berbeda. Jika Anda ingin kembali, Anda menggunakan panah yang disediakan di hampir setiap browser.

URL
Uniform Resource Locators-URLs adalah alamat web browser dari halaman internet dan file. Dengan URL, Anda dapat menemukan dan menandai halaman dan file tertentu untuk browser web Anda. URL bisa ditemukan di sekitar kita. Mereka mungkin tercantum di bagian bawah kartu nama, di layar TV saat jeda iklan, terhubung dalam dokumen yang Anda baca di internet atau dikirim oleh salah satu mesin pencari internet. Format URL contohnya seperti ini:
http://www.websitekuu.com

URL terdiri dari tiga bagian untuk menangani halaman atau file:
Protokol adalah bagian yang berakhiran //: Sebagian besar halaman web menggunakan protokol http atau https, namun ada protokol lain.
Host atau domain tingkat atas, yang sering berakhir di .com, .net, .edu or .org namun juga bisa berakhir di salah satu dari banyak lainnya yang telah dikenali secara resmi.
Nama filenya atau nama halaman itu sendiri.

HTTP dan HTTPS
Http adalah akronim untuk "Hypertext Transfer Protocol," standar komunikasi data dari halaman web. Bila halaman web memiliki awalan ini, link, teks dan gambarnya harus bekerja dengan baik di browser web.

Https adalah akronim untuk "Hypertext Transfer Protocol Secure." Ini menunjukkan bahwa halaman web memiliki lapisan enkripsi khusus yang ditambahkan untuk menyembunyikan informasi pribadi dan kata sandi dari orang lain. Kapan pun kita masuk ke rekening bank online atau situs belanja yang Anda masukkan informasi kartu kredit ke dalam, cari "https" di URL untuk keamanan.

IP address
Komputer kita dan setiap perangkat yang terhubung ke internet menggunakan alamat Protokol Internet untuk identifikasi. Dalam kebanyakan kasus, alamat IP ditugaskan secara otomatis. Pemula biasanya tidak perlu menetapkan alamat IP. Alamat IP bisa terlihat seperti ini: 182.40.22.234

 Istilah-Istilah Dalam Internet Dan Penjelasannya diatas kini bisa anda sudah pahami kan? Karena perlunya mengetahui pemahaman tentang internet adalah hal yang wajib,mengingat internet adalah kebutuhan utama di era kekinian ini. Semoga menjadi referensi anda. Terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel