10 Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2018

Unique Blog | Universitas Terbaik Di Indonesia - Melanjutkan studi ke perguruan tinggi tentu bukan hal yang mudah. Selain budget, pertimbangan berupa program, pola studi, serta kualitas sudah pasti menjadi hal penting yang harus dipikirkan.

Sebab kriteria itulah yang nantinya akan menjamin lulusannya menjadi tipikal manusia cerdas sekaligus bisa memperoleh pekerjaan yang menjamin masa depannya. QW World University Ranking. Sebuah lembaga pemeringkat sekolah-sekolah di seluruh dunia ini merilis 550 universitas terbaik sedunia.

Universitas Terbaik Di Indonesia


Baca Juga : Asuransi Pendidikan Rekomendasi Di Indonesia

7 diantaranya berasal dari Indonesia, lalu apa saja Universitas terbaik di Indonesia? Sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Berikut informasi selengkapnya.

 Universitas Terbaik Di Indonesia


1. Universitas Indonesia
UI menduduki kursi pertama untuk kategori Universitas terbaik di Indonesia 2016-2017. Universitas yang berdiri sejak tahun 1849 ini juga menempati ranking 326, naik dari posisi sebelumnya di peringkat 358. Sementara untuk daftar universitas top di Asia, UI berhasil meraih posisi ke 67. Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat, dan Salemba.


2. UGM
Daftar universitas terbaik di Indonesia yang selanjutnya berasal dari Jogjakarta. UGM yang didirikan dari tahun 1949 ini menjadi Universitas di angka 501-550 menurut QS World University Ranking serta peringkat 5 di dalam daftar universitas terbaik di Asia.
Kampus terfavorit ini berpusat di kawasan Bulaksumur dan mempunyai mahasiswa kurang lebih 50.000 dengan 1.187 merupakan mahasiswa asing.

3. ITB
Berlokasi di Bandung, Jabar. Kampus yang identik dengan sebutan kampus Ganesha ini berada pada urutan 401-410 di jajaran universitas terbaik dunia versi QS World. Adapun untuk level Asia, ITB ada di peringkat 86. Didirikan sejak 1920, ITB menghasilkan pakar perminyakan dan insinyur hebat. Terbukti kampus ini juga berhasil masuk dalam 300 kampus tehnik terbaik dunia.


4. IPB
Sekolah tinggi spesialisasi pertanian ini lahir dari visi pemimpin bangsa yang beranggapan bahwa Indonesia membutuhkan sekolah berkualitas yang nantinya akan melahirkan para ahli di bidang pertanian, bioscience, dan bidang keilmuan serupa.

Saat ini IPB punya 9 jurusan studi, 1 pascasarjana, sekolah bisnis, dan program diploma.
IPB berada pada nomor 191 untuk universitas terbaik di Asia dan kelompok urutan 51-100 perguruan tinggi di segmen pertanian dan kehutanan terbaik.


5. Unair
Terletak di Surabaya, Uinversitas ini secara resmi berdiri tahun 1954. Tapi kelahiran Unair sebenarnya sejak taun 1847. Pada saat itu, pemerintah kolonial berniat mendirikan sekolah khusus kedokteran sehingga pada 2 Januri 1849, hadirlah NIAS yang menjadi cikal bakal Unair.
Universitas yang memiliki 40.000 mahasiswa ini menempati ranking 90 dalam daftar QS Ranking Univesity.


6. Universitas Diponegoro
Awal berdiri tahun 1957, Undip masih menjadi perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Semarang. Hingga akhirnya pada tahun 1961, Presiden RI memberi nama Universitas Diponegoro dan berganti sebagai universitas negeri. Saat ini Undip berada di peringkat 231-240 universitas terbaik Asia.

7. ITS
Institut Sepuluh November terletak di Surabaya, Jatim. ITS sendiri kondang dengan pakar di bidang sains dan teknologi. Kampus ini terbagi menjadi beberapa area, yaitu di Sukolilo, Manyar, dan Cokroaminoto.
ITS menduduki ranking 251-300 di Asia dari survei yang digalakkan QS World University.

8. Universitas Udayana
Universitas udayana termasuk dalam 10 besar rangking di Indonesia. Terletak di Badung,Bali. Memiliki 13 fakultas membuat universitas ini menjadi pilihan banyak orang.

9. Universitas Sebelas Maret (UNS Surakarta)
Terletak di Surakarta universitas ini menjadi universitas favorit selanjutnya. Ya,beberapa fakultas ada disini lho.

10. Universitas Riau
Terletak di Riau,universitas ini keren. Anda bisa memilih universitas ini jika ingin ke Riau.

Bagaimana? Apakah tertarik kuliah di Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia tersebut? Setiap orang tentu menginginkannya bukan? Ya,untuk masuk ke perguruan tinggi yang sudah kami bahas diatas tidaklah mudah. Karena anda perlu memiliki dana yang cukup hingga lulus serta juga perlunya nilai yang tinggi dan lulus tes ke PTN tersebut. Semoga menjadi referensi anda dan dapat menambah wawasan anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel