8 Cara Merawat Baterai Android Agar Awet

Unique Blog | Cara Merawat Baterai Android - Jika anda telah membeli sebuah ponsel baru dan tentunya berharap agar bertahan lama. Masalahnya adalah meskipun ponsel yang kita miliki merupakan ponsel berkualitas tinggi, masih ada kemungkinan akan cepat rusak, terutama jika tidak pandai merawatnya. Terlebih pada bagian baterai biasanya akan cepat rusak atau lowbat.

Ya,karena baterai pada ponsel apapun termasuk android terkadang sering kali membuat kita jengkel. Baterai cepat habis dan juga akhirnya baterai kembung karena tidak terawat. Unique Blog sengaja akan berbagi tips untuk anda tentang cara merawat baterai android agar bertahan lama.

Cara Merawat Baterai Android


Cara Merawat Baterai Android


1. Tetapkan waktu sleep untuk ponsel
Beberapa ponsel saat ini memiliki alat otomatisasi yang memungkinkan Anda untuk mematikan sinyal seluler dan Wi-Fi setelah waktu tertentu. Menempatkan ponsel pada kondisi sleep jika di laptop dan akan menghemat daya, jadi jika ponsel Anda tidak mendukung kegiatan yang dijadwalkan, instal aplikasi manajemen seperti Tasker dan mematikan semua yang tidak terpakai.

2. Nonaktifkan Wifi jika Tidak Diperlukan
Jika ponsel Anda terus-menerus mencoba untuk menyambung ke setiap sinyal Wi-Fi, Anda membuang-buang tenaga. Matikan Wi-Fi ketika tidak membutuhkannya.

3. Upload dan sinkronisasi hanya pada Wi-Fi
Jika Anda pengguna Dropbox atau sangat bergantung pada layanan musik sinkronisasi, Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar dari hanya melakukan upload melalui Wi-Fi. Ini jauh lebih cepat, yang berarti waktu konektivitas kurang untuk telepon Anda dan mengurangi ketegangan pada cadangan lithium baterai, artinya akan mengurangi pemakaian baterai.

4. Uninstall aplikasi yang tidak perlu
Jika anda tidak yakin dengan aplikasi yang berjalan sendiri di latar belakang, dengan semua multi-tasking, self-upload, auto-replikasi fitur dalam aplikasi Android modern saat ini, jadi setidaknya meminimalkan kemungkinan sesuatu secara acak memulai sendiri menjalankan aplikasi yang pada akhirnya baterai anda akan berkerja lebih dari mode biasanya, dengan menghapus semua aplikasi yang tidak terpakai maka akan mnjaga umur baterai.

5. Hapus widget yang tidak perlu dari home screen
Banyak aplikasi Android, termasuk jaringan sosial, aplikasi cuaca dan aplikasi berita, datang dengan widget yang muncul dengan mudah pada layar awal untuk update real-time. Namun, widget akan menguras baterai karena sinkronisasi konstan mereka dengan animasi ponsel. Jika Anda tidak perlu jendela permanen ke dalam news feed Facebook atau update reguler pada cuaca, hapus widget berlebihan dengan menekannya kemudian menyeretnya ke ikon tempat sampah.

6. Periksa aplikasi mana yang menguras baterai Anda
Dalam semua versi Android, pilih Setelan> Perangkat> Baterai atau Pengaturan> Daya> Baterai Gunakan untuk melihat daftar semua aplikasi dan berapa banyak daya baterai yang mereka gunakan. Jika aplikasi  mengambil sejumlah tenaga yang tidak biasa, pertimbangkan menguninstallnya.

7. Matikan Notifikasi
Mendapatkan update real-time dari apa yang terjadi di aplikasi Anda berguna untuk hal-hal seperti email atau jaringan sosial, tetapi banyak aplikasi secara otomatis menuntut izin untuk mengirim pemberitahuan juga untuk alasan yang jauh lebih berguna. Menonaktifkan notifikasi dengan menuju ke Settings> Apps, kemudian mengunjungi aplikasi yang kurang diperlukan.

8. Matikan Pelacakan L;okasi
Kebanyakan aplikasi melacak lokasi Anda dan oleh karena itu menggunakan daya baterai lebih dari benar-benar diperlukan dengan mengakses GPS Anda. Pergi ke Settings> Location untuk melihat aplikasi mana yang melacak Anda, lalu ketuk masing-masing untuk mematikannya.

Baca Juga : Aplikasi Penghemat Bateraia Android

Demikianlah cara merawat baterai agar bertahan lama untuk ponsel android, semoga bermanfaat. Semoga saja baterai anda tidak cepat kembung karena baterainya yang sering digunakan. Semoga dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel